CAMAT TENGARAN

Login Form

Home

GERAKAN PRAMUKA SIAPKAN GENERASI KREATIF DAN SANTUN

HUMAS-TENGARAN : Anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha berpesan agar para pembina gerakan pramuka dan para anggota pramuka terus menempa diri dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan. Sehingga gerakan pramuka dapat menyiapkan generasi muda yang penuh kreatif namun tetap mengedepankan sopan santun. “Gerakan Pramuka (harus bisa) menyiapkan generasi muda yang kreatif, penuh optimisme dengan daya juang tinggi dan tetap menjaga sopan santun serta budi pekerti,” katanya saat menyampaikan pesan pada acara serah terima estafet tunas kelapa (ETK) ke-33 yang digelar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah di Balai Desa Barukan Kecamatan Tengaran, Senin (5/9) siang.


Serah terima estafet tunas kelapa dilakukan oleh anggota Mabicab Gerakan Pramuka Kota Salatiga yang juga Kapolres Salatiga AKBP Yudo Hermanto kepada Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha selaku anggota Mabicab Kabupaten Semarang. Prosesi serah terima ditandai dengan penyerahan sebuah tunas kelapa yang ditempatkan dalam sebuah wadah.
Usai serah terima, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jateng yang juga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dikatakan, kegiatan ETK merupakan ciri khas kwartir daerah gerakan pramuka Jawa Tengah untuk memasyarakatkan gerakan pramuka. Sekaligus untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda terutama anggota pramuka. “Karenanya, laksanakan ETK dengan segenap jiwa raga untuk memperkuat rasa kebangsaan, merawat solidaritas dan persaudaraan anggota pramuma dan masyarakat,” tegasnya.
Ganjar juga mengingatkan bahwa Presiden pertama RI Soekarno yang juga tokoh gerakan pramuka Indonesia pernah mengeluarkan pernyataan agar gerakan pramuka dapat berkembang luas di kalangan mahasiswa sampai penggembala kerbau di desa. Lewat ETK ini, lanjutnya, diharapkan dapat dimantapkan sikap disiplin yang menjadi ciri khas karakter pramuka. Mengutip pendapat bapak Pandu Dunia Lord Baden Powel, Gubernur mengatakan masyarakat yang berdisiplin adalah masyarakat yang berbahagia. “Maka disiplinlah di setiap waktu dan kesempatan dan dimanapun berada. Dengan tri satya dan dasa darma pramuka, jadilah garda penjaga persatuan Indonesia dengan meneguhkan semangat bhinneka tunggal ika, memegang teguh pancasila dan UUD 1945 serta taat dan setia pada NKRI,” imbau Ganjar lagi.
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih menjelaskan perjalanan ETK akan berlanjut ditandai serah terima dengan kwarcab Boyolali. “Setelah dari Desa Barukan ini, ETK melanjutkan perjalanan sampai perbatasan Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dengan Boyolali untuk diserahterimakan,” jelasnya.
Sebelumnya, terang Dewi, ETK memasuki wilayah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Semarang dari dua arah. Yakni lewat Desa Gemawang Kecamatan Jambu usai serah terima dengan Kwarcab Temanggung. Satu lagi lewat Kecamatan Ungaran Barat setelah serah terima dengan Kwarcab Kota Semarang. Kedua regu bertemu di Banyubiru menuju Kwartir Ranting Tuntang dan diserahterimakan ke Kwarcab Salatiga. Setelah dikirab keliling wilayah Salatiga, ETK diserahkan kembali ke Kwarcab Kabupaten Semarang di Desa Barukan. “Semua prosesi ETK di Kwarcab Kabupaten Semarang berjalan lancar tanpa kendala,” tegas Dewi.(*/junaedi)

SEKCAM TENGARAN

PEMKAB. SEMARANG

WEBSITE DESA