LURAH SIDOMULYO

Login Form

A.     LURAH

 

1.      TUGAS POKOK

Menyelengarakan urusan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, dan melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati

 

2.      RINCIAN TUGAS

a.      Pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan

b.      Pemberdayaan masyarakat

c.      Penyelenggaraan pelayanan umum

d.      Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum

e.      Pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum

f.       Pembinaan lembaga kemasyarakatan

 

B.     SEKRETARIS KELURAHAN

 

1.      TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Lurah dibidang penyusunan perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan, administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

 

2.      RINCIAN TUGAS

a.      Menyusun program kerja dan anggaran Sekretariat Kelurahan berdasarkan rangkuman rencana kerja seksi-seksi Kelurahan.

b.  Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan dibidang perencanaan, keuangan,umum dan kepegawaian.

c.      Mengoordinasi penyusunan rencana dan program kerja serta anggaran dengan seluruh seksi Kelurahan.

d.    Menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) / Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) atau Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA)

e.   Menyelenggarakan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perpustakaan, perlengkapan, dan rumah tangga Kelurahan sesuai ketentuan yang berlaku guna kelancaran tugas

f.        Melaksanakan pemeliharaan barang inventaris, gedung, rumah dinas Lurah dan lingkungan kantor Kelurahan

g.      Melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat

h.      Mengoordinasi penyusunan laporan penyelengaraan pemerintahan kelurahan

i.        Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kesekretariatan

j.         Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Sekretariat

k.       Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan

l.         Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

               C.     SEKSI TATA PEMERINTAHAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT

 

1.      TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Lurah dibidang tata pemerintahan dan ketertiban masyarakat.

 

2.      RINCIAN TUGAS

a.      Menyusun program kerja dan anggaran Seksi Tata Pemerintahan dan Ketertiban Masyarakat

b.      Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan

c.      Memfasilitasi pelaksanaan inventarisasi, pengelolaan, pendayagunaan, pengamanan asset pemerinta daerah di kelurahan

d.      Memfasilitasi penyelenggaraan kerjasama antar lingkungan dan penyelesaian perselisihan antar lingkungan

e.      Memfasilitasi penataan lingkungan RT/RW

f.       Memfasilitasi dan mengoordinasi penegakan dan pelaksanaan Peraturan Perundang-Undangan

g.      Memfasilitasi pengesahan dan pembinaan lembaga kemasyarakatan yang meliputi : RT, RW, LKMK/LPMK, Karang Taruna, LKK, PKK, dan lembaga kemasyarakatan lainnya

h.      Memfasilitasi pengawasan atas tanah-tanah Negara dan tanah asset pemerintah

i.      Memfasilitasi terhadap pembesan tanah milik dan pelepasan hak yang akan digunakan untuk kepentingan pembangunan serta peralihan status tanah dari tanah Negara menjadi hak milik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

j.       Memfasilitasi penetapan peruntukan proses peralihan dan perubahan status tanah kekayaan desa yang berubah menjadi Keluharan

k.     Memfasilitasi pelaksanaan monitoring dan inventaris setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah terlantar, tanah Negara bebas dan tanah timbul

l.       Melegalisir pelayanan masyarakat dibidang administrasi pertanahan

m.    Memfasilitasi pengelolaan dan pemanfaatan tanah eks bengkok dan bondo desa

n.      Melaksanakan urusan administrasi  pemerintahan dan pengaturan kehidupan masyarakat

o.      Melaksanakan kegiatan ketentraman dan ketertiban umum

p.      Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan dan Ketertiban Masyarakat

q.      Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan dan Ketertiban Masyarakat

r.       Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan  guna kelancaran pelaksanaan tugas dan

s.      Melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

               D.     SEKSI PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

 

1.      TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Lurah dibidang pembangunan dan kesejahteraan rakyat

 

2.      RINCIAN TUGAS

a.    Menyusun program kerja dan anggaran Seksi Tata Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat

b.     Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan

c.     Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan pembangunan dan penataan wilayah

d.     Mengoordinasi palaksanaan pembangunan dalam hal pemberdayaan masyarakat dan penggalian swadaya masyarakat

e.     Melaksanakan pembinaan lingkungan hidup, kebersihan, dan pertamanan di wilayah Kelurahan

f.       Memberikan pelayanan masyarakat bidang perizinan berdasarkan pedoman dan peraturan perundang undangan yang berlaku

g.   Melaksanakan urusan pembangunan antara lain pemberdayaan masyarakat dalam penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan umum seperti : jalan, jembatan, irigasi, pasar dan lain-lain

h.    Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi bidang agama, pendidikan, kebudayaan, kesehatan masyarakat, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, pemuda, olahraga dan ketenaga kerjaan

i.       Memfasilitasi penanggulangan bencana alam, pengungsi dan masalah sosial

j.       Melaksanakan pelayanan masyarakat bidang administrasi urusan Nikah, Talak, Cerai, dan Rujuk (NTCR)

k.  Memfasilitasi penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat berupa Beras Miskin, jaminan Kesehatan Masyarakat atau Daerah (JAMKESDA), bantuan tempat ibadah, dan bantuan lain

l.       Memfasilitasi pendataan masyarakat miskin dan kurang mampu dan mengawasi penyaluran bantuan untuk masyarakat miskin

m.    Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Tata Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat

n.      Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi Tata Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat

o.     Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan  guna kelancaran pelaksanaan tugas dan

p.      Melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Facebook

KONTAK KAMI

KELURAHAN SIDOMULYO

Jl. Letjen Suprapto No. 41 Ugaran kode pos 50511

Telp. 024 - 6924538

E_mail : sidomulyokelurahan@gmail.com