LURAH SIDOMULYO

Login Form

Ya, budi daya hidroponik memang termasuk salah satu solusi bertanam yang mudah untuk dipraktikkan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Mudah karena kita tidak perlu mengotori tangan dengan tanah, menyiram tanaman secara manual, atau berpanas-panasan di bawah terik matahari.

Untuk membuat hidroponik, kita bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar. Salah satunya adalah botol bekas air mineral. Persiapan membuat hidroponik botol air mineral pun tidaklah rumit. Cukup siapkan botol air mineral ukuran 1 liter, media tanam (rockwool atau floral foam), sumbu flanel, gunting, cutter, dan paku untuk melubangi botol air mineral.

Sedangkan untuk pengairan hidroponik botol air mineral bisa dilakukan dengan sistem rakit apung dan sumbu.

Nah, berikut adalah langkah-langkah merakit hidroponik botol air mineral.

         Potong botol bekas air mineral menjadi dua bagian menggunakan gunting atau cutter.

·         Panaskan paku, lalu buat beberapa lubang berdiameter 1 cm di potongan botol bagian atas maupun bawah untuk aerasi. Namun, jika pemberian    nutrisi menggunakan sistem sumbu, biarkan tutup botol tetap di tempatnya, kemudian buat lubang tepat di tengah-tengah tutup botol untuk memasukkan sumbu flanel.

·         Jika pemberian nutrisi menggunakan sistem apung, buka tutup botol sehingga akar menembus media tanam lalu berkembang di permukaan larutan nutrisi.

·         Masukkan potongan botol bagian atas ke potongan botol bagian bawah yang sudah diisi larutan nutrisi.

·         Masukkan media tanam ke dalam potongan botol bagian atas.

 

 

(sumber: agromedia.net)

Facebook

KONTAK KAMI

KELURAHAN SIDOMULYO

Jl. Letjen Suprapto No. 41 Ugaran kode pos 50511

Telp. 024 - 6924538

E_mail : sidomulyokelurahan@gmail.com