KLA

Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) adalah sistem pembangunan Kabupaten/Kota yang mengintergrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan  untuk pemenuhan hak-hak anak. Tujuan di adakannya KLA adalah untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten/kota  yang mengarah pada upaya transformasi konvensi hak-hak anak (Convention on the Rights of the Child) dari kerangka hukum kedalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan dalam bentuk:  kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak-hak anak, pada suatu wilayah kabupaten/kota. Pengimplementasian KLA di RSUD Ambarawa dilakukan dengan cara :

 

•   Peningkatan kemampuan SDM

pelatihanBasic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisir kerusakan organ serta kecacatan penderita.

Manajemen Asuhan Keperawatan Professional (MAKP) adalah suatu sistem (Struktur, Proses, dan nilai – nilai professional) yang memungkinkan perawat professional mengatur pemberian asuhan keperawatan termasuk lingkungan, yang dapat menompang pemberian asuhan.

 

 

•   Gerakan Sayang Ibu

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan yang berkelanjutan kepada masyarakat . Rumah Sakit Ambarawa melaksanakan Gerakan Sayang Ibu (GSI) meliputi beberapa program yang bertujuan diantaranya peningkatan posisi penentuan dalam masyarakat, peningkatan derajat kesehatan perempuan terutama kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, mengurangi kematian ibu akibat kehamilan dan menurunkan kematian bayi. Program GSI dilaksanakan diruang Bougenville, Anggrek dan Seruni yang meliputi: Teknik Perawatan Payudara Pada Ibu Menyusui, Perawatan Metode Kanguru, Perawatan Tali Pusat, Pijat Oksitosin, Rawat Gabung, Edukasi ASI Ekslusif, Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Ruang Perawatan Bayi Resiko Tinggi (Peristi), Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) dan Rawat gabung (Rooming In).


•   Fasilitas Menyusui Ruang Seruniruang menyusui

Di RSUD Ambarawa tepatnya di Ruang Seruni terdapat fasilitas ruang menyusui bagi pasien yang melahirkan. Ruang ini bertujuan pada khususnya mempercepat mantapnya dan terus terlaksananya proses menyusui dan meningkatkan ikatan ibu dan bayimya. Makin banyak waktu ibu bersama bayinya , makin cepat mereka saling mengenal.

Disisi luar ruang Seruni terdapat ruang menyusui bagi pengunjung. Ruang menyusui ini adalah suatu ruangan yang diperuntukkan bagi perempuan yang masih berada dalam masa menyusui untuk membantu dan memberikan kenyamanan bagi buah hatinya.

•   Tempat Bermain Bagi Anak

Dalam bermain di rumah sakit mempunyai fungsi penting yaitu menghilangkan kecemasan, dimana lingkungan rumah sakit membangkitkan ketakutan yang tidak dapat dihindarkan. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka adanya program terapi bermain di RSUD Ambarawa khususnya di ruang bermain anak, sehingga diharapkan asuhan keperawatan dapat menunjang proses penyembuhan.

 

taman bermain

taman bermain2