ASESMEN KOMPETENSI KEPERAWATAN PEGAWAI NON PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RSUD AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG REKRUTMEN OKTOBER 2017

Selasa, 17 Agustus 2017, RSUD Ambarawa melakukan Asesmen Kompetensi Keperawatan Pegawai non PNS BLUD. Acara dilaksananakan oleh   Tim   Asesor   Kompetensi Keperawatan RSUD Ambarawa yang dipimpin oleh Ganti Sumiyati, S.Kep., Ners, MM dan Arif Purwanto, S.Kep, Ns, MM.

 

Adapun peserta asesmen kompetensi keperawatan adalah perawat BLUD baru sejumlah 39 orang, hasil rekruitmen tahun 2017.

 

Kegiatan Asesmen Kompetensi Keperawatan dilaksanakan dengan tujuan :

  1. Melindungi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan keperawatan yang berkualitas di rumah sakit.
  2. Mengidentifikasi kebutuhan rumah sakit, praktisi (perawat) dan masyarakat melaui identifikasi pengetahuan, keterampilan dan prilaku tertentu.
  3. Memastikan bahwa tenaga keperawatan telah bekerja sesuai dengan standar dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien.
  4. Menunjukan komitmen individu terhadap profesi keperawatan.
  5. Memberikan penghargaan dan pengakuan profesional kepada tenaga keperawatan yang telah mencapai kompetensinya dalam bentuk sertifikasi level jenjang karir.

 

Asesmen Kompetensi Perawat 1

Gambar 1 Koordinasi Peserta sebelum Pelaksanaan

Asesmen Kompetensi Perawat 2

Gambar 2 Koordinasi Asesor Sebelum Pelaksanaan

Asesmen Kompetensi Perawat 3

Gambar 3 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 4

Gambar 4 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 5

Gambar 5 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 6

Gambar 6 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 7

Gambar 7 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 8

Gambar 8 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 9a

Gambar 9 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 10

Gambar 10 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keperawatan

Asesmen Kompetensi Perawat 11

Gambar 11 Koordinasi Asesor dan Perawat sesudah pelaksanaan

Hand Hygiene Dance RSUD Ambarawa

Video Hand Hygiene Dance RSUD Ambarawa Kab. Semarang

Juara 1 Hand Hygiene Dance Competition Persi 2015

 

 

piagambu riniposebareng

 

IN HOUSE TRAINING BANTUAN HIDUP DASAR

Pada tanggal 19-23 Januari 2016. RSUD Ambarawa mengadakan In House Training Bantuan Hidup Dasar (BHD) Untuk Tenaga Non Medis dan Non Keperawatan. Pelatihan BHD ini dilaksanakan Ruang Diklat dengan narasumber Dokter Umum dan Team Instruktur BHD RSUD Ambarawa. Peserta In House Training diikuti oleh Pejabat, Staf, Portir, Satpam, Pramusaji, Ahli Gizi,
            In House Training ini bertujuan mempertahankan kehidupan saat penderita mengalami keadaan yang mengacam nyawa dan tindakan BHD diharapkan dapat membekali peserta jika mengalami situasi gawat darurat.

            Dalam In House Training dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama di penyampaian materi yang di presentasi kan oleh dr. Dian Miraza A , dr Kemalasari dan dr. Rudi Kurniawan. Sesi selanjutnya di sampaikan oleh dipresentasikan oleh Team Instruktur BHD yang di ketuai oleh Ns. Mustain, S.Kep yang menyampaikan “Keberhasilan BHD apabila 1 menit pertama adalah 98 dari 100 orang dan jika lebih dari 10 menit adalah 1 orang dari 100 orang”.

            Oleh karna itu, Team Instruktur mengajarkan   materi praktek berupa teknik RJP (Resusitasi Jantung Paru). RJP adalah merupakan metode untuk mengembalikan fungsi mengembalikan fungsi napas dan sirkulasi tubuh yang terhenti. Metode yang dipekenalkan adalah metode DRCAB (Danger-Respone-Check-Airways-Breathing).

 

 IMG 5346EDITT IMG 65721

 IMG 6620EDIT

In House Training PPI Pengelolaan Sampah Bagi Karyawan RSUD Ambarawa

 

Direktur  RSUD Ambarawa, dr. Rini Susilowati, M.Kes , MM  didampingi oleh Ketua Komite PPI dr. Andriani Tri Susilowati., Sp.PK, MSc dan Kepala Instalasi Farmasi  Drs. Firwan Firdaus S.Farm, Apt.  membuka In House Training PPI Pengelolaan Sampah Bagi Karyawan bagian cleaning service, laundry, bagian taman dan petugas lain yang terkait dengan kebersihan ruangan bertempat di Gedung Serba Guna RSUD Ambarawa pada  hari Rabu  11 Juni  2016 acara ini dimulai  09.00 WIB s/d 14.00 WIB.

Narasumber materi dalam in house training PPI Dasar ini adalah Dokter dan Apoteker dari Komite  PPI RSUD Ambarawa dengan materi diantara lain : 

  1. Pengelolaan sampah infeksius  dan non infeksius serta  benda tajam yang di sampaikan dr. Andriani Tri Susilowati., Sp.PK, MSc
  2. Pengelolan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) disampaikan Drs. Firwan Firdaus S.Farm, Apt. 

  ihtppi2 

ihtppi3 ihtppi4

 

 

Kunjungan Kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak di RSUD Ambarawa

 

Kamis, 8 September 2016,  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)  Prof. DR. Yohana Susana Yambise, Dip.Apling, MA berserta staff berkunjung di RSUD Ambarawa . Ibu Yohana Susana Yambise didampingi Bupati Kabupaten Semarang dr. Mudjirin, ES, Sp.OG dan Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia Seto Mulyadi.

 

Dengan dipandu oleh direktur RSUD Ambarawa dr. Rini Susilowati, M.Kes, MM, Menteri Yohana beserta rombongan melaksanakan hospital tour dengan mengunjungi fasilitas rumah sakit ramah anak diantara lain Pusat  Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2), taman bermain anak, ruang menyusui,  ruang peninatologi, dan perpustakaan anak. 

 

Pada kunjungan tersebut Menteri Yohana mengungkapkan bahwa RSUD Ambarawa akan dijadikan percontohan nasional sebagai rumah sakit ramah anak. Menteri Yohana mengapresiasi kinerja pengelola rumah sakit dengan memberikan beberapa bantuan guna menunjang kegiatan anak-anak di panti tersebut dan mengharapkan prestasi ini bisa menjadi model untuk diaplikasikan di daerah lainnya.

 

 "Dengan fasilitas yang ada, RSUD Ambarawa ini sudah ramah anak. Kami akan jadikan RSUD ini sebagai percontohan nasional," kata Yohana.


Tampak beliau Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beserta rombongan sangat puas dengan layanan rumah sakit ramah anak  di RSUD Ambarawa

 

kunjungan menteri1

 

kunjungan menteri2

 

kunjungan menteri7

 

kunjungan menteri4

 

kunjungan menteri5

 

kunjungan menteri6

Subcategories