PEMERINTAH KABUPATEN SEMARANG DINAS PERTANIAN PERIKANAN DAN PANGAN KABUPATEN SEMARANG ALAMAT KANTOR JALAN LETJEN SUPRAPTO NO.9 UNGARAN NO. TELPON.024-6924728 FAX.024-6921811

KEPALA DINAS

 

 

 

Login Form

VISI DAN MISI 
KABUPATEN SEMARANG

VISI

M A T R A

TERWUJUDNYA KABUPATEN SEMARANG YANG

MANDIRITERTIB DAN SEJAHTERA

 

 

              M I S I

1. Meningkatkan kualitas SDM yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudaya serta menguasai ilmu pengetahuan dan

    teknologi

2. Mengembangkan produk unggulan berbasis potensi lokal (intanpari)yang sinergi dan berdaya saing serta berwawasan

    lingkungan untuk menciptakan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan.

3. Menciptakan pemerintahan yang katalistik dan dinamis dengan mengedepankan prinsip good governance didukung kelembaggan

    yang efektif dan kinerja aparatur yang kompeten, serta pemanfaatan teknologi informasi.

4. Menyediakan infrastruktur daerah yang merata guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan dasar dan pembangunan.

5. Mendorong terciptanya partisipasi dan kemandirian masyarakat, kesetaraan dan keadilan gender serta perlindungan anak di semua

    bidang pembangunan.

6. Mendorong terciptanya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup dengan tetap menjaga kelestariannya.

 

VISI dan  MISI  DINAS PERTANIAN PERKEBUNAN DAN KEHUTANAN

A.  VISI :

Visi dari Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Kehutanan Kabupaten Semarang adalah :

TERWUJUDNYA PERTANIAN YANG TANGGUH DAN MANDIRI DENGAN DIDUKUNG POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN SUMBER DAYA MANUSIA SERTA TERWUJUDNYA KELESTARIAN EKOSISTEM UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN SEMARANG.

 

Penjelasan makna Visi :

Potensi Sumber Daya Alam di Kabupaten Semarang dengan didukung kondisi lahan dan iklim yang sesuai bagi pengembangan pertanian harus dapat dimanfaatkan dan dibudidayakan oleh Sumber Daya Manusia yang ada, guna menciptakan terpenuhinya kebutuhan pangan bagi masyarakat di dalamnya. Pengelolaan ini juga perlu diupayakan dalam rangka meningkatkan pendapatan petani dari kegiatan tanaman pangan, perkebunan maupun kehutanan serta terwujudnya kelestarian lingkungan atau ekosistem. Dengan demikian, pertanian di Kabupaten Semarang akan diwujudkan secara tangguh dan mandiri serta mampu dikelola dari dan oleh masyarakat untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Kabupaten Semarang. 

 

B.   M I S I :

Untuk mewujudkan visi tersebut Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan mempunyai misi sebagai berikut:

Meningkatkan produksi pertanian melalui Ketahanan Pangan;

Meningkatkan pendapatan petani melalui pengembangan jiwa kewirausahan;

Melaksanakan pelestarian Sumber Daya Alam;

Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan.

 

Penjelasan makna misi :

1. Makna dari Misi Pertama; mengandung maksud bahwa lahan dan sumber daya alam di Kabupaten Semarang yang potensial, perlu dikelola sehingga      dapat diwujudkan tersedianya produksi pertanian yang selalu meningkat utamanya untuk memenuhi kebutuhan pangan yang terjangkau oleh masyarakat    serta tersedianya bahan baku kebutuhan masyarakat.

2. Makna Misi Kedua; bahwa peningkatan produksi pertanian tanaman pangan, perkebunan dan kehutanan, perlu dikuti dengan pengembangan jiwa           kewirausahaan (Agribisnis), sehingga akan dapat diwujudkan terjadinya peningkatan nilai tambah dan daya saing guna memperluas lapangan kerja           sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan petani.

3. Makna Misi  Ketiga; bahwa dalam kegaitan pertanian, pembudidayaan dan ekploitasi produksi perlu mengupayakan agar tetap menjaga kelestarian         sumber daya alam  dengan melakukan kegiatan konservasi, rehabilitasi, pemeliharaan dan perlindungan kawasan hutan dan lahan produksi pertanian         lain.

4. Makna Misi Keempat; bahwa dalam kegiatan pertanian, senantiasa mengupayakan meningkatnya Sumber Daya Manusia petugas dan petani dalam         penguasaan teknologi untuk mendukung tercapainya produksi, peningkatan pendapatan petani dan kesejahteraan petani melalui kegiatan pelayanan         kepada masyarakat yang difasilitasi  pemerintah.

KONTAK KAMI

Jl. Letjen Suprapto No.9 Ungaran

Telp. (024) 6921811, 6924728 

Kalendar

October 2017
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

EVEN DISTANBUNHUT

No events

LINK EKSTERNAL

 

Sirup Kab Semarang