PEMERINTAH KABUPATEN SEMARANG DINAS PERTANIAN PERIKANAN DAN PANGAN KABUPATEN SEMARANG ALAMAT KANTOR JALAN LETJEN SUPRAPTO NO.9 UNGARAN NO. TELPON.024-6924728 FAX.024-6921811

KEPALA DINAS

 

 

 

Login Form

PELAYANAN PENGANGKUTAN KAYU RAKYAT

I. PELAYANAN PENERBITAN DOKUMEN SKSKB

Surat Keterangan Sah Kayu Bulat (SKSKB) berfungsi sebagai bukti Kepemilikan,Pengangkutan dan Penguasaan terhadap Hasil Hutan dan merupakan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) khusus untuk jenis kayu : Jati, Mahoni, Pinus dan Sono Keling.

1. Dasar Pelaksanaan

a. Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan;

b. Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : P.55/Menhut-II/2006, tentang Penatausahaan Hasil Hutan Yang Berasal Dari Hutan Negara;

c. Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : P.51/Menhut-II/2006, tentang Penggunaan Surat Keterangan Asal-Usul untuk Pengangkutan Hasil Hutan Kayu Yang Berasal Dari Hutan Hak.

2. Prosedur Penerbitan Dokumen SKSKB

Pemohon mengajukan permohonan kepada Pejabat Penerbit Surat Keterangan Sah Kayu Bulat (P2SKSKB) tembusan kepada Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Semarang dengan menyertakan berkas-berkas sebagai berikut :

1. Surat Permohonan Penerbitan SKSKB.

2. Surat Keterangan Kepala Desa tentang Ijin Tebang pohon.

3. Laporan Hasil Penebangan.

4. Daftar Pemeriksaan Kayu Bulat (DPKB).

5. Daftar kayu Bulat (DKB) yang akan di angkut

Selanjutnya diadakan pemeriksaan terhadap administrasi dan pemeriksaan fisik kayu bulat atau kayu olahan yang berasal dari penebangan hutan hak, apabila telah lengkap dan benar di terbitkan Dokumen SKSKB oleh Pejabat Penerbit Surat Keterangan Sah Kayu Bulat (P2SKSKB).

3. Waktu Proses Penerbitan SKSKB

Waktu pelayanan penerbitan Dokumen SKSKB adalah ( satu ) hari

4. Biaya

Biaya penerbitan Dokumen SKSKB tidak dipungaut biaya ( Gratis )

 

Gambar : Prosedur Penerbitan Dokumen SKSKB

 

II. PELAYANAN PENERBITAN DOKUMEN SKAU

Blangko SKAU dibuat oleh Dinas Kehutanan Propinsi melalui percetakan umum terdiri dari 4 (empat) rangkap, pendistribusian SKAU kepada Kepala Desa/Kelurahan oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Semarang. Sedangkan untuk penerbitannya dilaksanakan oleh Kepala Desa / Lurah berdasarkan Surat Keputusan Bupati Semarang Nomor : 522.2/0029/2007 Tahun 2007 tentang Penetapan Kepala Desa/Kelurahan sebagai Pejabat Penerbit Dokumen Suret Keterangan Asal Usul (SKAU) Kayu Bulat atau kayu Olahan Yang Berasal dari Hutan Hak di Kabupaten Semarang. Jenis Kayu yang menggunakan Dokumen SKAU adalah :

 

1. Akasi 8. Kemiri

2. Asam 9. Mindi

3. Bayur 10. Petai

4. Durian 11. Puspa

5. Gamelina 12. Sengon

6. Karet 13. Suren

7. Ketapang 14. Sungkai

 

1. Dasar Pelaksanaan

ü Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan;

ü Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.51/Menhut-II/2006, tentang Penggunaan Surat Keterangan Asal-Usul untuk Pengangkutan Hasil Hutan Kayu Yang Berasal Dari Hutan Hak.

2. Satuan Kerja Yang Memproses SKAU

Satuan Kerja yang memproses SKAU adalah Kepala Desa / Kepala Kelurahan dan yang mengelola Blangko SKAU adalah Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan.

3. Prosedur Penerbitan Dokumen SKAU

Maksud Penggunaan dokumen SKAU adalah untuk ketertiban peredaran hasil hutan kayu yang berasal dari hutan hak dan untuk melindungi masyarakat dalam pengangkutannya.

Surat Keterangan Asal-Usul (SKAU) digunakan untuk pengangkutan Kayu Bulat (KB) dan Kayu Olahan (KO) yang berasal dari hutan hak. Prosedur pelaksanaanya adalah sebagai berikut:

a. Pemohon/Pemilik membuat pengajuan permohonan penerbitan SKAU.

b. Penerbit SKAU meneliti kelengkapan dan kebenaran administrasi.

c. Penerbit SKAU wajib melaksanakan pemeriksaan atas kebenarannya yaitu dengan mengecek dan memastikan bahwa hasil hutan kayu tersebut berasal dari lokasi yang benar yang dibuktikan dengan adanya alas titel / hak atas tanah berupa SHM, Leter C, Girik atau SHGU.

d. Sebelum menerbitkan SKAU Penerbit SKAU melakukan pengukuran atas kayu yang akan diangkut dan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan Kayu Bulat / Kayu Olahan.

e. Pembuatan SKAU ditulis dengan mesin ketik.

4. Syarat-syarat Penerbitan Dokumen SKAU

Syarat-syarat yang diperlukan :

ü Bukti diri ( KTP )

ü Daftar Kayu Bulat (DKB) / Daftar Kayu Olahan (DKO) yang memuat jenis kayu, jumlah batang / keping, ukuran dan volume kayu yang akan diangkut.

ü Bukti Hak Kepemilikan atas tanah

 

5. Waktu Proses Pelayanan Penerbitan Dokumen SKAU

Waktu Penerbitan Dokumen SKAU adalah (satu) hari.

6. Biaya

Biaya penerbitan Dokumen SKAU tidak dipungaut biaya ( Gratis )

KONTAK KAMI

Jl. Letjen Suprapto No.9 Ungaran

Telp. (024) 6921811, 6924728 

Kalendar

October 2017
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

EVEN DISTANBUNHUT

No events

LINK EKSTERNAL

 

Sirup Kab Semarang