Login Form

Selamat Datang di Website Resmi Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang

HPS ke 36 Tingkat Kabupaten Semarang

  

Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang menyelenggarakan peringatan Hari Pangan Sedunia ke 36 tingkat Kabupaten Semarang pada tanggal 20 Oktober 2016 di Lapangan Kecamatan Tegaran. Rangkaian kegiatan dalam peringatan HPS yaitu Lomba Mewarnai tema Pangan kategori TK dan PAUD yang diikuti oleh 200 siswa dari Kecamatan Tengaran. selain itu juga diadakan festival pangan yang diikuti oleh 19 Kecamatan yang menampilkan berbagai macam olahan pangan lokal ciri khas setiap Kecamatan.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Bupati Semarang mengingatkan kepada masyarakat agar membudayakan kembali cadangan pangan atau lumbung pangan masyarakat guna mengantisipasi kerawanan pangan, kondisi alam dan cuaca yang sudah berubah menyebabkan kita harus mengantisipasi dengan lebih arif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumberdaya alam dan air.

Dalam peringatan HPS diikuti oleh 200 peserta dari SKPD se Kabupaten Semarang, dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah simbolis kepada Juara Ternak tingkat Provinsi, juara lomba mewarnai, juara festival pangan, serta juara KWT tingkat Kecamatan Tengaran. Acara dimeriahkan oleh paduan suara dari SD Tengara dengan gerakan minum susu. Selain itu juga ada stand SKPD yang menampilkan produk olahan pangan pertanian, peternakan dan perikanan.

Hari Pangan Sedunia ke 36 Tingkat Nasional

Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang, berpartisipasi dalam Acara Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 36 tingkat Nasional di Komplek Perkantoran Kabupaten Boyolali. Acara HPS berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28 Oktober sd 30 Oktober 2016. Pada acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang menampilkan stand pameran produk olahan hasil pertanian dari Kelompok Wanita Tani. Design lokasi yang menarik sehingga banyak pengunjung yang menyaksikan stand Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang. Produk olahan yang ditampilkan diantaranya: brownis ndeso, minuman rempah, stik dari sayuran, buah alpukat, pisang, salak dan Beras Suka Bela dll. Ribuan pengunjung dari berbagai daerah provinsi di Indonesia menghadiri Peringatan HPS dari pagi sampai malam. Selain stand pameran juga ada gelar teknologi pertanian dan peternakan.

Juara I Festival Beras Unggul Tingkat Prov Jateng

JUARA I FESTIVAL BERAS UNGGUL TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Sabtu 24 September 2016 telah dilaksanakan Peringatan Hari Tani Nasional Tingkat Jawa Tengah di Balai Desa Pandean, Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Bupati Sukoharjo, pimpinan SKPD Prov Jawa Tengah, Forkompinda Prov Jawa Tengah. Kelompok Tani perwakilan se Jawa Tengah. BKP/KKP dari 29 Kabupaten / Kota dan masyarakat sekitar.

Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Semarang berpartisipasi dalam acara tersebut dan berhasil meraih juara I Festival Beras Unggul oleh Gapoktan Al Barokah Desa Ketapang Kecamatan Susukan. Hadiah yang diterima berupa tropi dan uang tunai sebesar Rp 5.000.000,-. Adapun criteria penilaian dalam festival ini adalah: Tekstur beras, desain kemasan beras, rasa nasi, jenis beras yang diikuti (jenis non aromatic).

Berbagai acara yang digelar dalam peringatan Hari Tani Nasional Tingkat Jawa Tengah yaitu: panen raya di sawah desa sekitar, penyerahan pengahragaan dan hadiah lomba, festival / pameran beras unggul, rampak kentong, pertunjukan seni musik.

Kaji Terap DMP ke Kab Demak

Kunjungan lapangan kegiatan Desa Mandiri Pangan ke Desa Mandiri Pangan Desa Kuwu Kec Dempet Kabupaten Demak pada tanggal 31 Agustus 2016 oleh Pengurus DMP Kecamatan Kaliwungu. Kaji terap ini bertujuan meningkatkan pengetahuan kelompok afinitas DMP tentang pengelolaan Desa Mandiri Pangan. Desa Kuwu menjadi lokasi kunjungan dikarenakan telah berhasil menjuarai Adhikarya Pangan Nusantara tingkat Nasional tahun 2015. Dari kunjungan tersebut diketahui bahwa DMP Kuwu telah berhasil mengentaskan kemiskinan dan menjadi pelopor ekonomi kerakyatan dengan bukti telah berdiri dan berkembangnya Gapoktan / KSU Harapan Makmur dengan total omzet 4 Milyar lebih.

Pelatihan DMP

Kelompok Afinitas Penerima Bantuan Desa Mandiri Pangan di Kecamatan Kaliwungu dari 5 Desa yaitu Jetis, Kaliwungu, Payungan, Rogomulyo, Mukiran mendapatkan pelatihan kesehatan ternak hewan kambing guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam budidaya ternak kambing dan peningkatan kesehatan di keluarga miskin. Pelatihan dengan pemateri drh Asto Kuntoro MM dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kab Semarang dan Sari Kusumawati SKM MKes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dilakukan Senin 29 Agustus 2016 di Balai Desa Payungan. Dalam acara tersebut juga dihadiri Camat Kaliwungu Otter Sukamto SH yang memberika instruksi kepada penerima bantuan ternak kambing agar berhati hati dalam memelihara kambing serta memastikan usaha kambing berkembang dengan baik sesuai aturan yang berlaku, apabila ada permasalahan tentang kesehatan ternak agar berkoordinasi dengan drh Ali sebagai petugas kesehatan hewan di Kecamatan Kaliwungu.

Subcategories

Lumbung Pangan Tempuran